"SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA 3 REMBANG"

SMA NEGERI 3 REMBANG SOSIALISASIKAN GSM KE ORANG TUA SISWA

Sosialisasi GSM berjalan lancar

www.sma3rembang.sch.id, — REMBANG, Belum lama ini SMA Negeri 3 Rembang resmi menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangan (GSM ). GSM Merupakan gerakan bersama untuk menciptakan  lingkungan dan budaya belajar yang kritis, kreatif, mandiri serta menyenangkan khususnya bagi anak-anak di sekolah. Gerakan ini bertujuan membangun kesadaran guru-guru, Kepala Sekolah, pemangku kebijakan serta orang tua agar berperan lebih aktif untuk menciptakan ekosistem belajar yang menyenangkan bagi anak. Dalam rangka meningkatkan peran aktif orang tua siswa itulah, SMA Negeri 3 Rembang melaksanakan sosialisasi GSM kepada orang tua siswa.

Sosialisasi GSM berlangsung selama tiga hari dan bertempat di aula SMA Negeri 3 Rembang. Sosialisasi GSM dimulai hari Rabu (29/1) dan berakhir pada hari Jum’at (31/1). Orang tua siswa kelas X menjadi tamu undangan pertama di hari pertama pelaksanaan sosialisasi GSM. Acara dimulai pukul 09.00 WIB untuk kelas X. MIPA dan pukul 11.00 WIB bagi kelas X.IPS. Di hari kedua, orang tua siswa kelas XI yang mendapat giliran mengikuti sosialisasi GSM. Acara dimulai pukul 09.00 WIB untuk kelas XI. MIPA dan pukul 11.00 WIB bagi kelas XI.IPS. Di hari ketiga giliran orang tua siswa kelas XII. Ada sedikit perbedaan dalam acara kelas XII, karena acara diselingi sosialisasi Ujian Nasional. Agenda acara dimulai dengan sambutan dari Kepala SMA N 3 Rembang, Sukarno, M.PFis. yang dalam kesempatan tersebut memperkenalkan diri beserta jajaran tim GSM SMA N 3 Rembang dan menjelaskan tentang asal mula penerapan GSM di SMA N 3 Rembang.

“GSM merupakan salah satu program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dan SMA N 3 Rembang menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk secara langsung untuk menerapkan program tersebut. Itu merupakan suatu kehormatan besar untuk kami. Kami juga telah melakukan studi banding ke beberapa sekolah yang telah menerapkan GSM. Itu menunjukkan keseriusan kami dalam mensukseskan program GSM ini demi kesuksesan belajar siswa-siswi kami. GSM juga merupakan keinginan kami untuk memajukan SMA N 3 Rembang dengan cara terbang lebih tinggi dibanding sekolah yang lain”. Ungkapnya.

Selain itu, Sukarno, M.PFis juga menjelaskan sedikit tentang konsep GSM dan berpesan kepada orang tua siswa untuk lebih berperan aktif mendukung kesuksesan belajar putra-putrinya melalui program GSM di SMA N 3 Rembang.

“Ada beberapa konsep dalam GSM diantaranya merubah mindset, pengaturan tempat belajar, lingkungan dan pembelajaran yang menyenangkan. Nanti akan dijelaskan lebih rinci oleh tim GSM.” Ungkapnya.

Acara selanjutnya diisi oleh H.Y. Yulianto, S.Pd. selaku Ketua Tim GSM SMA N 3 Rembang yang menjelaskan lebih rinci tentang inti dari GSM.

“Pada dasarnya, GSM adalah gerakan memanusiakan manusia. Artinya kita memanusiakan peserta didik sebagai manusia. Menganggap mereka yang dulunya adalah obyek kini kita rubah menjadi subyek dalam proses pembelajaran.” Ungkapnya.

Ketua GSM SMA N 3 Rembang juga menjelaskan program dan tujuan GSM di SMA N 3 Rembang, diantaranya tentang penataan kelas yang menyenangkan bagi peserta didik. Ruang kelas ditata sesuai dengan keinginan mereka agar mereka lebih nyaman dan bisa belajar dengan maksimal. Orang tua juga diajak menuliskan harapan mereka kepada anak mereka.

Selanjutnya, Dipandu oleh wali kelas, orang tua siswa diajak ke kelas putra-putri mereka masing-masing untuk melihat penataan kelas hasil keinginan siswa sendiri. Mereka juga diajak melihat lingkungan belajar anaknya yang baru dan lebih nyaman agar orang tua juga merasakan kesenangan yang dirasakan anaknya. Di akhir acara, tiba saatnya acara yang mengharukan terjadi yaitu acara sungkeman dan pembacaan harapan orang tua oleh putra-putrinya. Baik orang tua maupun anaknya tak kuasa menahan tangis harunya saat prosesi sungkeman. Situasi semakin mengharukan saat siswa membacakan harapan orang tua kepada dirinya. Momen itu menjadikan anak-anak menjadi lebih sadar diri untuk lebih berbakti dan membahagiakan orang tuanya.

Di hari terakhir, selain sosialisasi GSM, dilaksanakan juga sosialisasi Ujian Nasional yang bertujuan untuk mengingatkan orang tua siswa agar lebih memperhatikan kebutuhan siswa baik selama Persiapan, Pelaksanaan, Pasca UN.

Melalui acara sosialisasi GSM dan UN diharapkan orang tua siswa dapat lebih memahami kebutuhan belajar dan lingkungan belajar putra-putrinya. Selain itu, diharapkan juga terjadi sinergitas antara pihak sekolah dengan orang tua siswa demi kesuksesan bersama mencerdaskan putra putri bangsa.

Semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk SMA Negeri 3 Rembang.

Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin….

Penulis : Tim Jurnalis Smaga

Fotografer : Tim Jurnalis Smaga

Editor : Tim Jurnalis Smaga